Kabar Terkini

Iklan

Iklan

Pendidikan

Ekonomi

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Asemdoyong, Kembali Gelar Pesta Laut

Dibaca 0 kali
Iklan


Jurnalpemalang.com, Taman - Pesta sedekah laut atau Baritan, kembali digelar oleh masyarakat nelayan Desa Asemdoyong, Kec. Taman, Kab. Pemalang Jawa Tengah pada Selasa (11/09/2018).Banyak masyarakat yang datang ke tempat ini untuk melihat acara larung saji yang digelar oleh msyarakat nelayan Asemdoyong. Tidak hanya itu, pada baritan kali ini juga mengahdirkan grup orkes yang cukup populer di masyarakat yaitu  Grup Orkes Kendedes dan pagelaran wayang Kulit dengan dalang Sigit dari Banyumas.

Menurut Ketua Panitia Tarudi, sedekah laut saat ini tidak hanya menyajikan satu sesaji seperti tahun lalu, tetapi tiga macam sesaji yaitu cantrang, Garok dan wareng atau gemplo.

Karena itu tidak heran bila acara Pesta Sedekah Laut tahun ini anggarannya mencapai Rp. 275 juta yang dananya beasal dari nelayan dan pedagang yang tergabung di KUD serta dana sponsor.

"Tahun ini kareana hiburannya lebih mahal seperti Kendedes, anggarannya mencapai Rp 275 juta. Anggaran berasal dari sponsor, dari pedagang dan dari nealayan, " kata Tarudi ketika diwawancara Jurnalpemalang.com.

Tarudi mengatakan, setiap kapal memberikan iuran sebesar  Rp. 500 ribu pertahun dengan jumlah anggota sekitar 600 kapal.

" Anggarannya dari pungutan nelayan, satu perahu itu Rp. 500 ribu , ada sekitar kurang lebih 500 perahu," ungkap Tarudi.

Tarudi berharap, dengan adanya barian ini. masyarakat Asemdoyong menjadi lebih makmur, pariwisatanya lebih meningkat dan semuanya lebih sejahtera.

Acara budaya seperti ini, memang mnejadi daya tarik bagi masyarakat sebagai hiburan dan merupakan salah satu budaya yang dapat dijadikan sebagai daya tarik destinasi atau tujuan wisata tahunan . Karena Baritan diadakan setiap tahun pada tanggal 1 suro.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pemalang Munthohir, S.Pi, MM kepada awak mendia mengatakan bahwa Dinas Kelautan dan Peikanan akan memberikan yang terbaik terhadap nelayan. Dan karena itu Dinas Perikanan atau pemerintah dengan bekerja sama dengan KUD memberikan pelayanan yang terbaik, sperti asuransi nelayan, BPJS dan dana sosial.(Arifin/roji)

Editor : Oji

Iklan
Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »