Kabar Terkini

Iklan

Iklan

Pendidikan

Ekonomi

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kaderisasi Kepemimpinan Via LDKS SMPN 88 Jakarta

Dibaca 0 kali
Iklan


Jurnalpemalang.com, Jakarta - SMPN 88 termasuk kelompok Sekolah Standar Nasional (SSN). Predikat seperti ini seyogyanya harus selaras dengan aktualisasi ko-kulikuler dan ekstrakurikuler yang berstandar nasional pula, seperti kaderisasi kepemimpinan para siswa-siswi di sekolah ini.
Kaderisasi kepemimpinan siswa-siswi SMP Negeri 88 selalu diadakan pada bulan kedua semester ganjil, terkait jelang penggantian kepengurusan OSIS. Kaderisasi semacam ini terlembagakan dengan nama Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS).

Tanggal 14 s.d. 15 September 2018, SMPN 88 menyelenggarakan kembali kegiatan LDKS dengan tema “Leadership & Building Relationship” di lingkungan sekolah. Acara tersebut diikuti sebanyak 22 siswa dan 39 siswi berprestasi dari kelas VIII.

Wakil Kesiswaan SMPN 88, Dra. Ajriah mengatakan ke 61 peserta LDKS   memang diseleksi dengan ketat berdasarkan prestasi para siswa di kelas pararel.

“Pihak sekolah memang sengaja menyeleksi seluruh siswa-siswi yang terdapat di delapan lokal kelas VIII, dan terseleksi juga 61 siswa-siswi peserta dari delapan lokal kelas tersebut,” ujar Dra. Ajriah.

Lebih jauh, Dra. Ajriah menyebutkan, dari 61 peserta LDKS akan ditetapkan 3 orang yang menjadi Ketua, Sekretaris, dan Bendahara OSIS, menggantikan pengurus  sebelumnya yang sekarang telah duduk di kelas IX.

Tepat pukul 15.00 WIB, acara LDKS dibuka secara resmi oleh Kepala SMPN 88, Drs. H. Yusron, M.Pd . Ketua Panitia Pelaksana, Dra. Hj. Eviyanti mengatakan, materi LDKS tahun 2018 meliputi : Penguatan Pendidikan Karakter,  Teamwork, Kepribadian Seorang Pemimpin, Motivasi Kesiswaan bakal calon pemimpin, Pembuatan Proposal, Pembekalan Agama, Kuis, Jeritan Malam diiringi acara api unggun, dan PBB.

Pada malam harinya, peserta mengikuti kegiatan Uji Proker, semacam kegiatan dengan 3 pos, masing-masing pos peserta akan ditanya mengenai 3 divisi yang ada di OSIS.

Setelah selesai, sekitar jam 3 pagi peserta diistirahatkan dan tak lama kemudian, peserta dibangunkan secara mendadak oleh Ketua OSIS dengan teriakannya yang legendaris. Panitia lalu menyuruh peserta untuk berbaris dan menutup mata, "Jangan melek! Satu orang melek, sepuluh anak OSIS harus push-up 15 kali!" teriaknya. Peserta pun lalu dibawa ke suatu tempat. Ketika matanya dibuka terlihat spanduk yang bertuliskan Selamat Bekerja untuk OSIS SMP Negeri 88, Periode  2018-2019.
Tak disangka, wajah panitia yang pada awalnya sinis dan hostile, tiba-tiba berubah menjadi baik dan ramah, langsung diiringi dengan jabat tangan oleh panitia.

Kegiatan dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah. Faktor kebugaran jasmani untuk calon para pemimpin juga didistimulasi dengan pelaksanaan senam bersama yang dikomandoin oleh Bapak Bainudin, S.Or.

Puncak acara LDKS pun tiba. Para peserta mengikuti pembekalan terakhir melalui Pendidikan Baris Berbaris (PBB) hingga pukul 10 pagi.

 Acara LDKS SMPN 88 tahun ini berjalan dengan sukses. Penutupan acara secara resmi dipimpin oleh Wakil Kesiswaan SMPN 88, Dra. Ajriah. pada pukul 10.30 WIB.(dedik)

Iklan
Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »