Kabar Terkini

Iklan

Iklan

Pendidikan

Ekonomi

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kapolda dan Kasdam IV/Dip Ajak Jajaran TNI, Polri , ASN dan Penyelenggara Pemilu Bertindak Netral

Dibaca 0 kali
Iklan



Jurnalpemalang.com, Pemalang – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Drs. Condro Kirono M.Hum dan Brigjen TNI Bekti Agus Fajari, S.IP ( Kasdam IV/Dip ) memimpin langsung apel tiga pilar yang dilaksanakan di Alun-laun Kabuptaen Pemalang pada Selasa (25/09/2018) sore . Sementara bertindak sebagai Dan Apel Mayor Kav Hariyono ( Kasdim 0711/Pml ), dengan dikuti oleh 500 orang yang terdiri dari unsur jajaran Babinsa dan Babinkamtibnas Se-Kab.Pemalang dan jajaran Lurah/Kades Se-Kab.Pemalang.


Apel yang digelar di Alun-alun Pemalang tersebut mendeklarasikan tiga pilar yang merupakan janji dari seluruh TNI, Polri , ASN dan Penyelenggara Pemilu Tahun. 2019 di Wilayah  Jawa Tengah.

Ada pun tiga pilar tersebut yaitu :
a. Bersikap netral pada Pemilu Presiden dan Legislatif Th.2019 sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
b. Tidak menggunakan wewenang dan memberikan dukungan politik dan keterpihakan kepada kontestan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif Th.2019.
c. Tidak memberikan fasilitas dinas maupun pribadi guna kepentingan politik kontestan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif tahun 2019.
d. Tidak memakai dan memasang atribut kontestan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif tahun 2019.
e. Bersama-sama bersatu dan mempererat persatuan, kesatuan, keamaman, ketertiban,  dan menjaga kedamaian, selama pelaksanaan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif tahun 2019.

Dalam amanatnya Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Drs. Condro Kirono,  M.Hum mengatakan, bahwa Ia akan mendatangi langsung ke seluruh wilayah di Jateng untuk  melaksankan apel tiga pilar tersbut.

” Pada tahun ini saya sudah berkomitmen dengan bapak Pangdam untuk datang ke setiap wilayah,di seluruh jawa tengah dalam rangka apel 3 pilar. Saya ingin bertemu dan bertatap muka langsung dengan para kades, Babinsa, Babinkamtibnas karena semua ujung tombak pemerintah ada di desa ada ditangan kalian, “ kata Kapolda dalam amanantnya.

Ia juga mengatakan bahwa apel tersebut sengaja didesain agak berbeda dengan tahun sebelumnya, yang dulu dilaksanakan cuma dua pilar utk kali ini diikuti oleh tiga pilar, klo dulu dilaksanakan terpusat di Kota Klaten utk kali ini biarkan kami beserta bapak Pangdam yang datang ke tiap-tiap wilayah. 

Kapolda memberikan semangat kepada peserta apel agar menunjukan sinergi untuk mensukseskan tiga pilar tersbut.

“Pada kesempatan ini kami ingin menyemangati semua,karena semua program pemerintah itu langsung di tujukan ke desa sehingga 3 pilar harus berperan secara langsung untuk bersinergi mensukseskannya. Karena 3 pilar merupakan penopang untuk mensejahterakan masyarakat,saya berpesan apapun program desa,semua babinsa,babinkamtibnas harus mendukungnya karena kalian adalah ujung tombaknya, pertajamlah mata dan telinga kalian. Sehingga Kab.Pemalang tetap kondusif, “ tegas Kaolda.

Kesejahteraan bisa tercapai apabila keamanan bisa terjaga,apabila ada konflik kecil,sesegera mungkin 3 pilar harus turun dan tanggap terhadap permasalahan tersebut,sehingga tidak meluas. Kita tahu bahwa indonesia merupakan negara demokrasi, yang berarti kekuasaan ada di tangan rakyat melalui wakil yang telah di pilihnya.
Kapolda mengajak semua jajaran TNI, Polri , ASN dan Penyelenggara Pemilu Tahun. 2019 di Wilayah  Jawa Tengah untuk menjalankan tugas dan wewenang sesuai dengan fungsinya.

“Mari kita gunakan wewenang tugas sesuai fungsi untuk merebut hati masyarakat,menjaring aspirasi masyarakat untuk kepentingan masyarakat jangan arogan thd masyarakat. Kedepan kita akan memilih wakil wakil rakyat,mulai DPD,wakil rakyat maupun Presiden,mereka akan menyampaikan visi misi dan programnya untuk mengambil simpati rakyat,dan tugas kita untuk menjaga kondusifitas jangan sampai menjadi perpecahan antar sesama warga masyarakat. Kita beragam agama,suku,akan tetapi kita harus jaga kondusifitas,soliditas wilayah agar suasana menjadi dingin,damai,sehingga tidak terjadi persaingan yang memanas,dan saya ucapkan terima kasih karena pilkada 2018 berjalan aman dan lancar. Terakhir saya berpesan jaga netralitas kalian dan semoga pemilu 2019 berjalan aman sejuk dan lancar, “ pungkas Kapolda.

Brigjen TNI Bekti Agus Fajari, S.Ip Kasdam IV/Dip mengajak semua jajaran dan semua unsur dibawahnya harus  mendukungnya.

“Maka dari itu 3 pilar harus solid sebagai Lurah,ASN,TNI Polri harus profesional,karena sebagai penjuru setiap persoalan yang ada di bawah,dan semua harus mendukungnya. Semua harus bisa menjaga intregritas masing masing,baik babinsa,babinkamtibnas,lurah,sehingga masyarakat bisa mengakui kalau 3 pilar sebagai pemimpin yang mampu memberikan solusi yang terbaik bagi warganya, “ ungkap Kasdam IV/Dip.

Semua harus peduli, peka terhadap semua kegiatan dan berikan semua solusi yang terbaik,dan saya yakin apabila 3 pilar bersatu dan musyawarah insyaalloh akan memberikan yang terbaik dan 3 pilar harus bisa sebagai pemimpin,orang tua,dan memberikan tauladan kepada masyarakat di seluruh wilayah. Saya berharap 3 pilar bisa menyatu mengenal satu persatu masyarakat diwilayah sehingga apabila.
Kasdam menginagatkan bahwa Babinsa, Babinkamtibnas, Lurah harus berpegang teguh,untuk membuat aman tentram dan sejahtera bagi masyarakat.

“Saya hanya mengingatkan saja, Babinsa, Babinkamtibnas, Lurah harus berpegang teguh,untuk membuat aman tentram dan sejahtera bagi masyarakat, “ Kata Bekti.

Kasdam juga menegeaskan bahwa terkait pemilu TNI, Polri dan ASN harus netral, sebagai unsur utama untuk mendeteksi semua kerawanan secepat mungkin yang ada wilayahnya. Kita harus bisa membantu dan mewujudkan jalannya pemilu 2019, sehingga bisa berjalan aman dan lancar.

Hadir dalam kegiatan apel tiga pilar tersebut adalah Kapolda jateng . Irjen Pol. Drs. Condro Kirono,  M.Hum, Kasdam IV/Dip Brigjen TNI Bekti Agus Fajari, S.IP, Aster Kasdam IV/Dip Kolonel Inf Satyo Ariyanto, Dirbinmas Polda Jateng Kombes Pol Budi Utomo, SH,. M.Hum, Kapolres Pemalang AKBP Agus Setyawan HP,  SH, SIK, Dandim 0711/Pml Letkol Inf Edi Supriyadi S.S M.M M.Tr (Han) dan Jajaran Forkompinda Se - Kab Pemalang. ( M. Arifin/Fahroji)
Editor : Oji

Iklan
Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »