Kabar Terkini

Iklan

Iklan

Pendidikan

Ekonomi

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pesta Demokrasi Di Sekolah Sebagai Pembelajaran Politik

Dibaca 0 kali
Iklan

Jurnalpemalang.com, Petarukan - Pemilihan seorang ketua organisasi di sekolah seperti pemilihan Oranisasi Intra Sekolah (OSIS) merupakan sebuah pesta demokrasi. Seperti yang telah dilakukan oleh SMK Islam Al Khoiriyah Petarukan di Kab. Pemalang Jawa Tengah Pada Senin (10/09/2018).

SMK Islam Al Khoiriyah Petarukan pada Senin (10/9) mengadakan pemilihan Ketua Osis dan Ketua Pradana, yang terpilih sebagai Ketua Osis M. Khusni Mubarok dan Sebagai wakilnya Prahelfsyah. Dan Pada pemilihan Pradana yang terpilih mnejadi Ketua Pradan adlah Khodori dan Pradana Putrinya Susi Asih.

Menurut Waka Kesiswaan Ropidin, S.Pd ketika ditemui Jurnalpemalang.com menjelaskan, bahwa dalam pemilihan Ketua Osis itu hampir sama dalam dunia politik. Karena sebelum dilakukan pemilihan, ada tahapan-tahapan yang harus dilaksanakan oleh tim yang melakukan penjaringan, siapa saja yang nanti akan menjadi para bakal calon ketua Osis, yaitu melalui kegiatan yang disebut Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

"Jadi hampir sama dengan politik praktis, kalau dalam poltik ada istilah "Screning" yaitu penjaringan calom pimpinan baik dari internal parpol maupun eksternal parpol sedangakan dalam pemilihan ketua Osis melalui LDK," kata Ropidin.

Menurut Ropidin, tujuan pemilihan Ketua Osis adalah sebagai pembelajaran politik di sekolah, menumbuhkan patriotisme pada anak, mempersiapkan anak menjadi seorang pemimpin masa depan dan melatih siswa berdemokrasi.

Ropidin berharap dengan pemilihan ketua Osis dan Pradana ini, anak bisa mengerti  tentang dunia politik.

"Dan anak dapat mempraktekan demokrasi di sekolah sesuai dengan yang diajarkan di Mapel Pkn," pungkasnya.(roji)


Iklan
Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »