Kabar Terkini

Iklan

Iklan

Pendidikan

Ekonomi

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pemdes Bersama TNI dan BPBD Tanggulangi Banjir

Dibaca 0 kali
Iklan


Pemalang  – Dalam rangka mengantisipasi  terjadinya banjir di musim hujan pada tahun ini, Kepala BPBD Kab.Pemalang dengan didampingi  Babinsa Pesantren Toto Purjianto serta Perangkat Desa Pesantren, Kec. Ulujmai melakukan peninjauan langsung ke lokasi  untuk mengecek kondisi tanggul pada Rabu (16/01/2019). Hal tersebut dilakukan karena berdasarkan informasi dari BMKG bahwa puncak hujan akan dimulai akhir Januaari sampai awal Pebruari 2019. Secara umum curah hujan tahun ini normal.

Walaupun demikian, Kepala BPBD Kabupaten Pemalang Drs. Wismo, M.Pd  tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di pinggiran sungai Comal khususnya Desa Pesantren, Mojo dan Limbangan Kec. Ulujami agar selalu meningkatkan kewaspadaan, karena bajir ini terjadi tiap tahun. Sementara itu, kondisi tanggul saat ini sangat baik, hanya ada beberapa tempat yang rawan terjadinya longsor, terutama di Dukuh Pesantren Timur RT. 01 RW. 05. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu diadakan perbaikan tanggul untuk mencegah terjadinya longsor.

“Perlu diadakan perbaikan tanggul untuk mencegah terjadinya longsor lanjutan,” kata Wismo saat mengecek langsung lokasi tersebut.

Sekdes Desa Pesantren Agus Saliem ketika dimintai keterangannya menjelaskan, bahwa banjir di Desa Pesantren ini hampir terjadi setiap tahun. Karena itu Ia menghimbau masyarakat agar mengadakan kerja bakti secepatnya, untuk mengantisipasi terjadi banjir karena lupan air dari sungai Comal.

Sementara itu, Toto Purjianto Babinsa Desa Pesantren dari Koramil Kecamatan Ulujami menyatakan bahwa Koramil Kecamatan Ulujami siap membantu masyarakat saat pelaksanaan kerja bakti.

“Koramil siap setiap saat membantu pelaksanaan kerja bakti,” ujarnya.

Telah diketahui bahwa Desa Pesantren merupakan salah satu desa yang berada dipinggiran aliran sungai Comal. Siklus setiap 5 atau 6 tahun sekali pada musim hujan,  luapan air sungai Comal mencapai permukiman penduduk. Ada beberapa titik rawan banjir di Desa Pesantren yaitu Dusun Pesagaran, Dusun Pesantren Timur, Dusun Pesadean dan Dusun Sidomulyo. Adapun salah satu titik yang paling rawan ada di Dusun Pesantren Timur RT. 01 dan RW.05 karena letaknya  sekitar 5-7 m dari bibir sungai Comal. Ketika musim hujan seperti saat ini, dikhawatirkan terjadi longsor, karena itu mohon perhatian pada dinas terkait dalam penanggulangannya agar tidak terjadi longsor. (toto/roji)

Editor : Oji

Iklan
Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »