Kabar Terkini

Iklan

Iklan

Pendidikan

Ekonomi

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

KPUD Pemalang Targetkan 77,5 Persen Partisipasi Pemilih

Dibaca 0 kali
Iklan


Pemalang – Untuk mensukseskan pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 17 April mendatang dan meningkatkan partisipasi pemilih, KPUD Kabupaten Pemalang mengadakan seminar di hotel The Winner Pemalang, pada Sabtu (16/02/2019). Seminar yang bertemakan “ Temu Media Dalam Rangka Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemilu 2019”  diikuti oleh para awak media yang ada di Kabupaten Pemalang.

Menurut Ketua KPUD Pemalang Mustagfirin, peran media sangat strategis untuk meningkatkan partisipasi pemilih, karena melalui medialah KPUD mensosialisasikan tahapan-tahapan dalam pemilu kepada masyarakat baik melaui media cetak, elektronik maupun media onlline.

“ Kami membutuhkan peran media untuk dapat mensosialisasikan tahapan-tahapan dalam pemilu, untuk disampaikan kepada masyarakat, baik melaui media cetak, elektronik maupun online,” ungkapnya.

Terkait dengan peningkatan partisipasi pemilih, Mustaghfirin mengatakan bahwa partisipasi pemilih di Kabupaten Pemalang pada Pilgub tahun lalu 58,34 persen, sedangkan KPU Pusat mentargetkan partisipasi pemilih 77,5 persen.

“Partisipasi pemilih di Kabupaten Pemalang hanya 58,34 persen, sementara target KPU Pusat 77,5 persen,” jelasnya.

Mustaghfirin mengatakan, KPU dan stakehoder mempunyai tugas untuk meningkatkan partisipasi tersebut dengan berbagai cara. Karena itulah KPUD Pemalang berupaya meningkatkan partisipasi pemilih, salah satunya dengan mengadakan pertemuan dengan media guna mendongkrak angka jumlah partisipasi pemilih.

Sebelumnya KPUD Pemalang telah membentuk relawan-relawan demokrasi, sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih. Para relawan demokrasi terus bergerak mensosialisasikan berbagai hal yang terkait dengan pemilu kepada masyarakat melalui komunitas-komunitas yang ada, seperti komunitas nelayan, petani dan sebagainya.

“Para relawan terus bergerak dengan mendatangi komunitas-konunitas yang ada, seperti relawan terjun langsung ke komunitas nelayan, petani dan sebagainya,” ungkapnya ketika diwawancarai awak media usai seminar.

Sekda Kab. Pemalang yang juga menjadi narasumber dalam paparannya mengajak media untuk mmenyambut pemilu tahun 2019 dengan gotong roryong.

“Yang bisa membuat berita lakukan, yang bisa menangkal hoax lakukan itu, dengan kemampuan yang maksimal, dimanapun kita domisili, tidak usah besar, kecil tapi bermanfaat. Ajak masyarakat ke TPS, biar sedikit tapi strategis. Ajak maasyarakat yang memiliki hak pilih, bahwa hari Rabu 17 april ada pemungutan suara,” kata Budi dengan gayanya yang apa adanya.

Adapun yang menjadi narasumber selain Ketua KPUD Pemalang Mustagfirin dan Sekda Kabupaten Pemalang Drs.Budi Raharjo adalah Kepala Diskominfo Kabupaten Pemalang Nugroho Budi Raharjo.(roji)

Iklan
Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »