Kabar Terkini

Iklan

Iklan

Pendidikan

Ekonomi

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Dongkrak Produktifitas, Dinas Pertanian Gandeng Perternak Kambing PE Study Banding Ke Kabupaten Purworejo

Dibaca 0 kali
Iklan

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang Ir. Joni berfoto bersama para peternak kambing peranakan etawa seusai kegiatan Bimbingan teknik bagi para peternak kambing di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (25_27/4). (Foto Exclusive BUMDes Bersama Jaya Mandiri)
Purworejo - Mentari Pagi, beri salam lagi dengan iringan kicau merdu burung dan pancaran indah sang surya. Suasana indah ini nampak kompak mengiringi dan menyambut para peternak kambing peranakan etawa dan tim dari Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang yang sedang melakukan study banding menimba ilmu tentang pengelolaan kambing peranakan etawa. Kegiatan sederhana penuh makna ini tampak sangat dicermati para peternak. Tidak hanya menimba ilmu mengenai pengelolaan, perawatan, pemeliharaan, kegiatan ini juga diharapkan menjadi pendongkrak ekonomi bagi para peternaknya. Tak hanya itu saja, kegiatan yang berlangsung selama 3 hari (25-27/4) ini juga diharapkan dapat ikut mendongkrak minat warga masyarakat Kabupaten Pemalang untuk mengelola Kambing peranakan etawa.

"Kami mengajak perwakilan peternak kambing peranakan etawa di Kabupaten Pemalang study banding ke Kabupaten Purworejo guna menimba ilmu bagaimana mengelola, merawat, memelihara, serta menjadikan penghasilan tambahan bagi para peternak kambing, selain itu kami juga berharap bisa menarik perhatian warga masyarakat Kabupaten Pemalang untuk beternak kambing peranakan etawa," ungkap Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang.

Dikatakan oleh Sugiharto, ST, MT  pemilik CV. Gunung Kelir Cipta Mandiri Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah., selaku pemilik lokasi study banding bimbingan teknis peternak kambing peranakan etawa sangat menyambut baik dan sangat bahagia bisa berbagi ilmu bagaimana pengelolaan, perawatan, dan juga mendapatkan penghasilan tambahan dari beternak kambing peranakan etawa.

"Terima kasih untuk Dinas Pertanian yang dalam hal ini bidang peternakan serta para peternak kambing peranakan etawa dari Kabupaten Pemalang yang sudah jauh kesini untuk study banding menimba ilmu tentang tata cara pengelolaan, perawatan kambing peranakan etawa. Yang terpenting lagi dapat memperoleh penghasilan dari beternak kambing peranakan etawa," kata pria paruh baya pemilik senyum indah.

Sementara itu, Direktur BUMDes Bersama Jaya Mandiri Kecamatan Pemalang Hartoyo, SE, MM. Yang juga sebagai dosen STIE Assholeh dan pengiat BUMDes kabupaten pemalang, mengatakan,
Keikutsertaan BUMDes Bersama Jaya Mandiri dalam kegiatan tersebut diharapkan kedepannya bisa menjadi mitra dalam membangun peternakan kambing ke era agribisnis yang profesional, mendongkrak perekonomian dan modern serta membangun jejaring pemasaran yang lebih luas.

"Kami bahagia menjadi mitra bagi Dinas Pertanian dan para peternak kambing peranakan etawa guna membangun peternakan kambing peranakan etawa serta menarik minat warga masyarakat Kabupaten Pemalang untuk berternak kambing peranakan etawa yang lebih profesional dan modern menuju era agribisnis," tandasnya.

Sejauh mata memandang hasil pantauan dilapangan. Kabupaten Pemalang yang memiliki 14 Kecamatan dan ratusan desa serta kelurahan ini mempunyai lahan pertanian dan lahan kosong yang sangat luas. Warga masyarakatnya yang sebagian besar bekerja dalam bidang pertanian dan peternakan ini menjadi peluang besar untuk berternak kambing peranakan etawa. Bagaimana tidak, kambing yang perawatannya hampir sama seperti kambing pada umumnya, juga memiliki nilai ekonomis dalam segala hal. Mulai dari kotoran untuk pupuk, daging, kulit, hingga susu yang sangat menyehatkan tubuh kita. (Dentang)

Iklan
Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »