Kabar Terkini

Iklan

Iklan

Pendidikan

Ekonomi

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

IVA Test Jadi Rangkaian Kegiatan Peringatan RA. Kartini ke 140

Dibaca 0 kali
Iklan

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang, Listyawati Martono (baju meraj hijab hijau.red), ketika memberikan sambutan Ketua TP PKK Irna Setiawati Junaidi, dalam kegiatan "IVA Test", di aula Puskesmas Kebandaran, Kecamatan Bodeh (24/4).(photo by Dentang)
Pemalang - Bertempat di Pusat Kesehatan Masyarakat Desa Kebandaran, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang,  peringatan Hari Kartini ke 140 Tahun 2019 diisi dengan kegiatan IVA Test. Kegiatan pemeriksaan, pencegahan, serta penanggulangan penyakit yang menyerang para wanita ini mengambil tema "Melalui Deteksi Dini Iva Test dan Sadanis Kita Wujudkan Wanita Indonesia Yang Sehat". Ditemui langsung sesaat setelah pembacaan sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang Irna Setiawati Junaidi, SE, MM,  Wakil Ketua TP PKK Listyawati Martono mengatakan kegiatan pemeriksaan iva test ini diharapkan dapat mengurangi angka kematian ibu dan calon ibu khususnya di Kabupaten Pemalang

"Iva test dilakukan untuk mencegah, menghimbau, mengajarkan, memeriksa, serta sebagai sarana bagi para tenaga kesehatan dan par ibu tentang kanker servicks atau kanker leher rahim. Dengan demikian dapat mengurangi angka kematian ibu dan calon ibu," ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Kebandaran, Dr. Abdurahman, pemeriksaan ini tidak hanya sebagai sarana menekan jumlah penderita kanker serviks, tetapi juga sebagai penanggulangan dan deteksi dini agar dapat menekan atau menyembuhkan.

"Ini juga sebagai sarana deteksi dini untuk menekan pertumbuhan penyakit kanker serviks, karena penyakit itu bisa disembuhkan. Karena jika tidak terdeteksi sedari awal, penyakit tersebut akan menyebabkan kematian bagi para ibu dan calon ibu," katanya.

Seperti kita ketahui bersama, kanker serviks menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian bagi para penderitanya. Terlebih pada para ibu dan calon ibu. Kanker serviks timbul dari tata cara hidup yang tidak sehat, terlebih kurang diperhatikannya organ kewanitaan.(Dentang)

Iklan
Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »