Kabar Terkini

Iklan

Iklan

Pendidikan

Ekonomi

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Lestarikan Tradisi, Warga Desa Kedungbanjar Adakan Takbir Keliling

Dibaca 0 kali
Iklan


PemalaDalam rangka memeriahkan datangnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, Desa lakukan takbir keliling yang diikuti ribuan warga setempat.            Desa Kedungbanjar Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang Jawa Tengah.   Kegiatan tersebut telah didukung dari komunitas dimasing-masing dusun dengan biaya kolektif oleh komunitas itu sendiri, karena berbagai kreatifitas dengan berbagai macam alat dibuat untuk meramaikan pawai takbir keliling. Karena menurut Sdr Tion, pemerhati sekaligus memberi keamanan, bahwa momen ini sudah sering dilakukan dan terus nenerus, supaya lebaran ini menjadi cair, Tuturnya.   Hal ini pun, disampaikan Kepala Desa Mohamad Rodin, selaku Pemerintah Desa Kedungbanjar, bersama jajaran nya  kami sangat mendukung positif adanya kegiatan tersebut, ucapnya kepada Media ini, pada Kamis malam (4/6) Pkl 20:25. Wib.   Kades Rodin juga mengapresiasikan dengan menunjukan motifasi pemersatu selaku "pemimpin., agar guyup rukun ini selalu terjaga. Harapan kededepan dari semua lini, baik tokoh Masyarakat serta Pemuda dan Pemudi yang tergabung di komunitas beladiri Pencak Silat persaudaraan Setia Hati di Desa Kedungbanjar kompak dan rukun,. katanya.  Rangkaian takbir keliling yang melibatkan 1500 peserta terdiri dari 30 Mobil dan Tossa, Masyarakat pemuda/di yang didominasi remaja Masjid dan lingkungan Mushola, adalah sebagai simbol kemenangan Umat Islam setelah 1.bulan melaksanakan Ibadah Puasa Ranadhan.  Pawai takbir yang mengelilingi Rutte di sepanjang jalan Desa setempat, berjalan aman terkendali.

Acara yang dihelat di malam hari raya ini, disambut baik oleh warga disemua dusun, yakni dusun 1 dan dusun lain nya.                                .               .  

Sementara rangkaian takbir keliling ini mendapat respon baik oleh warga setempat. Sebab terlihat antusias dari semua kalangan baik remaja maupun dewasa.

Kepala Desa Kedungbanjar, Mohamad Rodin menyampaikan, digelarnya kegiatan takbir keliling ini, sebagai langkah warga untuk memeriahkan Idul Fitri, sekaligus Syiar Islam.


Kembali disampaikan “Ini cara kami, warga untuk menyambut hari kemenangan, sekaligus syiar islam,
semoga di hari yang fitri, pribadi kita semua kembali ke fitri,” tuturnya.

Dari pantauan Panturaonline di lokasi, acara takbir keliling berlangsung sejak pukul 20.00 WIB. Mobil pick up dihias dengan berbagai ornamen, suara takbir menggema lewat pengeras suara sound sistem di bak belakang mobil.

Peserta takbir keliling semua menggunakan Mobil dan Tossa demi keamanan, mulai Start dusun 5 lokasi kediaman Kepala Desa Mohamad Rodin dan kembali dilokasi semula.*  

Reporter : Rae Kusnanto

Iklan
Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »