Kabar Terkini

Iklan

Iklan

Pendidikan

Ekonomi

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Warga Empat RT Kendaldoyong Pangkah Gelar Halal Bihalal

Dibaca 0 kali
Iklan

Petarukan – Dalam rangka menjalin kerukunan dan persaudaraan, warga yang tergabung dalam empat RT menggelar acara halal bihalal pada Minggu (9/6/2019). Dengan pembicara Nini Mutmainah dari Kendal, Jawa Tengah dengan diiringi Qosidah “Ahsanta” yang juga dari Kendal. Adapun warga Kendaldoyong Pangkah yang tergabung dalam empat RT tersebut meliputi RT. 9,Rt. 10 RW. 01 dan RT. 8, RT.9 RW. 04.

Nini Mutmainah dalam maidhahnya menjelaskan tentang makna halal bihalal. Ia mengungkapkan bahwa halal bihalal  merupakan tradisi yang biasa diadakan oleh masyarakat Indonesia terutama masyarakat jawa. Ia menjelaskan bahwa tujuan halal bihalal diantaranya menyambung silaturahmi.
Nini Mutmainah juga mengungkapkan bahwa halal bihalal selalu terkait dengan makanan khas lebaran yaitu ketupat. Ketupat itu mengandung makna filosofi yaitu lakuning  patang perkoro (mengandung empat hal).Pertama melaksanakan puasa Ramadhan yang kedua membayar zakat fitrah, ketiga sholat Idul fitri dan yang terakhir atau yang keempat silaturahmi.

Hadir pada acara tersebut tamu undangan yang terdiri masyarakat Kendaldoyong Pangkah, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. Hadir pula Kepala Desa Kendaldoyong Badrun yang dalam kata sambutannya mwngingatkan warga agar tidak lupa untuk membayar Pajak. (Roji)

Iklan
Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »