Kabar Terkini

Iklan

Iklan

Pendidikan

Ekonomi

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pemerintah Kabupaten Magetan Study Banding E-Voting Pilkades Ke Pemkab Pemalang

Dibaca 0 kali
Iklan

Kepala Dispermasdes, Tutuko, ketika menyampaikan perjalanan panjang menerapkan Pilkades eVoting di Kabupaten Pemalang dihadapan para para tamu undangan dari Pemerintah Kabupaten Magetan yang mempelajari penerapan eVoting Pilkades (2/7).
Pemalang - Penerapan pemilihan kepala desa secara elektronik (eVoting Pilkades.red) tidak hanya Kabupaten Pemalang saja yang melakukanya. Kabupaten lain di Indonesia pun sudah melakukan hal ini. Namun baru Kabupaten Pemalang yang menerapkan eVoting Pilkades dengan sistem verifikasi Kartu Tanda Penduduk elektronik (ektp.red).

Hal itulah yang membuat Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, melakukan perjalanan panjang nan melelahkan demi menimba ilmu tentang tata cara hingga sistem penerapan dan realisasi eVoting Pilkades yang sudah diterapkan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Pemerintah Kabupaten Magetan ingin menerapkan eVoting Pilkades dengan harapan dapat mendongkrak Kabupaten Magetan dalam pemilihan kepala desa.



Dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Magetan, Nanik Endang Rusminiati, para rombongan yang terdiri dari Kepala Dinas dan pihak terkait ini bertujuan ingin membawa warna baru dalam pemilihan kepala desa. Tidak hanya itu saja, rombongan yang tampil dengan busana Batik yang Khas dari Jawa Timur ini tampak "Sumringah" dengan sambutan Pemerintah Kabupaten Pemalang.

"Pemalang sudah menerapkan sistem pilkades eVoting dengan verifikasi eKtp. Itulah yang membuat kesini ya untuk belajar tentang persiapan, pelaksanaan, serta antisipasi segala sesuatu yang timbul dari penerapan pilkades eVoting", ungkap Nanik.

Dijelaskan oleh Nanik, Kabupaten Magetan yang selama ini menggunakan sistem pencoblosan, ingin membawa warna baru dalam pemilihan kepala desa dengan sistem eVoting Pilkades.


"Selama ini kami menerapkan sistem coblosan, untuk itulah kami ingin menerapkan evoting dengan verifikasi ektp seperti di Pemalang", katanya.

Sementara itu, Bupati Pemalang DR. H. Junaidi SH., MM., mengungkapkan, Kabupaten Pemalang harus menempuh perjalanan panjang untuk menerapkan evoting pilkades. Tidak hanya menimba ilmu ke daerah yang sudah lebih dahulu melaksanakan evoting pilkades. Termasuk dalam mengantisipasi segala sesuatu yang muncul dalam penerapan evoting pilkades. Tak lupa pihaknya berterima kasih pada Pemerintah Kabupaten Magetan yang sudah jauh menimba ilmu evoting pilkades.

"Kami berterima kasih pada Pemkab Magetan yang jauh ke Pemalang untuk menimba ilmu tentang eVoting pilkades. Penerapan sistem evoting pilkades di Pemalang sangatlah menguras tenaga. Persiapan dan kunjungan kerja ke beberapa daerah pun harus kami tempuh demi suksesnya pilkades evoting", ungkap Ni Wayan, staf ahli, ketika menyampaikan sambutan Bupati Pemalang.

Rombongan Pemkab Magetan tersebut terlihat menikmati hidangan Khas Kabupaten Pemalang yakni Nasi Grombyang.*

Reporter : Dentang

Iklan
Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »